SLIDE1

Blogger templates

Senin, 26 Desember 2016

Mengenal pengertian Logika.



     Kata logika dalam keseharian kita adalah sebuah kata yang sangat jarang digunakan oleh masyarakat. Dan oleh karena itu, kita akan membahas seluruh seluk beluk tentang logika alias cara berpikir benar secara mudah pastinya. 

     Nah, kita akan membahas secara ringan mulai dari sejarah logika, objek logika, manfaatnya, dan semua bab yang ada didalam pembahasan ilmu logika secara satu-persatu.

      Oke, untuk kali ini saya akan memperkenalkan logika secara umumnya saja, Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. oke, itu hanya definisi umumnya, definisi lainnya adalah sebuah alat pengetahuan yang memungkinkan kita untuk terhindar dari kesalahan berpikir.

     Hmmm… kesalahan berpikir?? mulai bingung pastinya ya.. ribet memang. jadi, apa yang membedakan manusia dengan makhluk Tuhan YME yang lain?. Manusia adalah makhluk hidup yang bergerak sesuai keinginannya dan berpikir, atau secara pendeknya bisa dibilang Manusia adalah hewan yang berpikir. yuk, kita pilah satu-persatu :
  1. Manusia adalah makhluk hidup. ini menandakan bahwa kita bukan benda mati bukan?. tetapi tumbuhan dan hewan-hewan yang lainnya juga merupakan makhluk hidup. lalu apa yang membedakannya?
  2. Manusia bergerak sesuai dengan keinginannya. ini menandakan bahwa kita berbeda dengan tumbuhan, karena tumbuhan adalah makhluk hidup yang tidak bergerak sesuai keinginannya (iradah), bisa disebabkan oleh angin, sinar matahari, dan lain-lain. tetapi hewan-hewan yang lain juga bergerak sasuai keinginannya. lalu apa yang membedakannya?
  3. Manusia adalah hewan yang berpikir. yup, manusia adalah satu-satunya ciptaan Tuhan YME yang dikaruniai dengan proses berpikir. dan tentu sobat akan bertanya, bukankan hewan-hewan yang lain juga mempunyai otak? lalu mengapa tidak berpikir?, nah, jawabannya akan kita jawab di postingan selanjutnya.
      Kesimpulannya adalah hal yang membedakan manusia dengan ciptaan Tuhan YME yang lain adalah berpikir. Berpikir adalah karunia Tuhan YME yang diberikan kepada kita yang benar-benar kita sadari. Bukankan kita semua berpikir??

      logika tidak membuat manusia untuk berpikir. Yup, sama sekali tidak!!, karena berpikir adalah identitas kitansejak diciptakan. Logika datang untuk mengajarkan kita cara berpikir dengan benar.
        semoga bermanfaat.

0 on: "Mengenal pengertian Logika."