SLIDE1

Blogger templates

Kamis, 05 Januari 2017

Apakah Tuhan Mempunyai Tujuan Ketika Menciptakan Manusia?



Tak pernahkan sedikitpun terdetik pertanyaan didalam benak kita, tentang bagaimana kita lahir, dan mati?


Lalu apa tujuan Tuhan menciptakan kita ke dunia ini?, apakah hanya sebuah permainan?, ataukah ada sebuah alasan dan hikmah yang Tuhan Lakukan?


Tuhan, dengan segala keangungan-Nya, Dialah yang Awal dan yang Akhir, Dialah yang Esa, satu-satunya, tidak ada yang ke dua, ke tiga, dan seterusnya. Dia tidak mempunyai Sekutu, dan Juga tidak beranak dan diperanakkan. Dialah kreator semua keteraturan alam semesta ini.

Tak terkecuali dengan manusia, kita adalah bagian dari maha karya Tuhan. Tuhan menciptakan manusia dari setetes air yang hina (mani), dari sebuah sel, kemudian menjadi daging, tulang, dan segala sistem yang rumit dalam organ manusia. Manusia adalah salah satu bukti bagaimana kita membuktikan keagungan tuhan.


Salah satu pertanyaan yang selalu muncul dalam benak kita adalah, Apakah tujuan Tuhan untuk menciptakan manusia??




Para ahli kalam (akidah) telah mengkaji pertanyaan tersebut dan mempunyai jawaban yang sangat beragam. Bahkan banyak buku yang telah disusun. Disini kita akan mengambil beberapa jawaban saja.



Pada kelompok tertentu, ada yang beranggapan bahwa Tuhan tidak membutuhkan Tujuan dalam semua PebuatanNya. alasannya adalah bagaimana Tuhan membutuhkan tujuan sedangkan Tuhan tidak membutuhkan apapun.


Namun, kelompok yang lain berargumentasi bahwa Tuhan mempunyai Tujuan dalam semua perbuatannya, khususnya ketika menciptakan manusia. diantaranya ada di dalam Alquran, Allah SWT berfirman:



أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ


Artinya:

"Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?


Ayat diatas menunjukkan bahwa, kita jangan mengira penciptaan manusia hanyalah main-main saja, tetapi ada tujuan dibalik itu.


Beberapa ayat yang lain menjawab tersebut, antara lain :


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


Artinya :

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku"

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاء وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ذَلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا فَوَيْلٌ لِّلَّذِينَ كَفَرُوا مِنَ النَّارِ


 Artinya :

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka"


Ayat-ayat diatas menjelaskan bahwa, Tuhan mempunyai tujuan dalam penciptaan manusia.


Dan jika Tuhan tidak mempunyai Tujuan, maka dapat dikatakan bahwa semua yang dilakukan Tuhan adalah sia-sia.



Bagaimana mungkin Tuhan tidak tahu apa yang dilakukanNYa?


0 on: "Apakah Tuhan Mempunyai Tujuan Ketika Menciptakan Manusia?"