SLIDE1

Blogger templates

Selasa, 10 Januari 2017

Hikmah Ahlul Bait : Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum? (bagian 1)


Manusia selalu tidak lepas dari kesalahan, besar maupun kecil, disadari maupun tanpa disengaja. Apalagi jika hawa nafsu mendominasi jiwanya. 

Kita pasti pernah mendengar hadis yang berbunyi bahwa didalam manusia ada dua jenis kekuatan, potensi akal dan hawa nafsu. Barangsiapa yang mendahulukan ketaatan atau akalnya, maka kedudukannya lebih tinggi dari malaikat. namun sebaliknya, jika hawa nafsu yang didahulukan maka ia lebih rendah daripada syaitan.

Namun terdapat beberapa insan manusia yang dipercaya terbebas dari perbuatan salah dan dosa. sifat maksum ini biasanya disematkan kepada para  Nabi As atau Imam.

Kata maksum ( dalam bahasa arab berasal dari mashdar : العصمة ) bermakna terhalang. Sedangkan secara istilah para ahli teologi, maksum adalah keistimewaan dari Tuhan Swt kepada seseorang dan ia selalu senantiasa terhalang dari perbuatan dosa. Dengan makna lain, tak ada satupun potensi yang menyebabkan seseorang tersebut untuk melakukan dosa meskipun mereka mampu.

Sebagian ahli kalam bependapat bahwa kemaksuman adalah hadiah Tuhan untuk seseorang dan Dia SWT menciptakan mereka dalam keadaan bersih dari noda dosa.

Sebagian yang lain berpendapat bahwa kemaksuman merupakan keistimewaan dari Tuhan Swt yang diperuntukkan untuk insan tertentu meskipun ia memiliki potensi untuk melakukan dosa, akan tetapi ia tak pernah terbesit sedikitpun untuk melakukannya.

Dari sini kita dapat mengambil benang merah, bahwa maksum adalah sesuatu yang telah mengakar dalam jiwa seseorang, yang membuatnya terhalang untuk melakukan dosa ataupun maksiat. 

Ketakwaan seseorang yang maksum kepada Tuhan Swt lebih tinggi dari manusia biasa. mereka senantiasa taat secara mutlak, tidak pernah melakukan kesalahan dan perbuatan yang jelek. bahkan, mereka tak berpikir untuk melakukan perbuatan yang melenceng dari ketaatan dan maksiat.

sebagai contoh, Dalam beberapa madzhab dalam Islam mempercayai bahwa Rasulullah Saw adalah seseorang yang maksum.

waalahu'alam.


















































0 on: "Hikmah Ahlul Bait : Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum? (bagian 1)"