SLIDE1

Blogger templates

Kamis, 12 Januari 2017

Jika Berlogika Selalu Benar, Lalu Mengapa Masih Banyak Orang Yang Salah Ketika Berpikir?


Berlogika adalah fitrah dan bawaan manusia sejak lahir, karena berpikir adalah salah satu esensi manusia yang tidak dapat terpisahkan. berpikirlah yang membedakan manusia dengan ciptaan Tuhan YME lainnya.

Kita telah membahas bahwa ilmu logika tidak membuat manusia untuk berpikir. tentu tidak, ilmu logika hanya mengajarkan manusia berpikir dengan cara yang benar. karena di dalam ilmu logika terdapat kadiah umum tentang tata cara berpikir dengan benar dan tepat. Bagi yang belum mengetahui apa itu logika, dapat membaca postingan sebelumnya yaitu Mengenal Pengertian Logika. dan bagi yang belum mengetahui manfaat mempelajari ilmu dalam logika, silahkan baca Apa Manfaat Mempelajari Ilmu Logika.

 Lalu, Apakah Kita akan selalu berpikir dengan benar setelah mempelajari ilmu logika?

jawabannya adalah, TIDAK!

mengapa? memang benar jika Logika mengajarkan kita tata cara berpikir dengan benar. akan tetapi, tidak menjamin kita untuk selalu berpikir benar.

mengapa? apakah ilmu logikanya salah?

kesalahannya bukan berada di ilmu logika, akan tetapi kesalahannya tergantung di induvidu atau orang yang mempelajari logika tersebut.

bukan hanya itu saja, bukankah banyak orang yang mempelajari matematika, tetapi masih sering salah dalam berhitung dan menerapkan rumus-rumusnya?. bukankah banyak orang yang belajar belajar bahasa Inggris tetapi masih salah ketika berbiara?.

sama halnya dengan ilmu logika, Ada beberapa sebab dimana seseorang masih terkadang salah dalam berpikir, meskipun ia telah mempelajari logika. sebab-sebab tersebut diantaranya :

1. salah dalam menerapkan kaidah ilmu logika ke objek kehidupan sehari-hari.
2. atau kita belum mahir atau pakar dalam berlogika, dan sering lupa kadiah logika.
3. atau kasus yang ingin selesaikan tidak sesuai dengan kadiah logika yang kita keterapkan.

dan masih banyak sebab yang lain.

kesimpulannya adalah, kesalahan berpikir yang kita lakukan adalah kesalahan kita dalam menerapkan kaidah logika ke kehidupan sehari-hari.

semoga bermanfaat.









0 on: "Jika Berlogika Selalu Benar, Lalu Mengapa Masih Banyak Orang Yang Salah Ketika Berpikir?"